Powered by
category Liputan Kegiatan posted by Admins on Jumat, 13 Februari 2015 | 11:36 WIB

 

Pada 22-23 Nopember 2014 telah dilaksanakan Pelatihan Metodologi Penelitian Dasar bertempat di ruang Sidang Gedung Utama Lantai IV RSAB Harapan Kita, Jl. Letjen S. Parman Kav 87 Slipi Jakarta Barat.  Pelatihan ini diampu oleh narasumber yang kompeten dalam bidangnya. Mereka adalah drg. Dibyo Pramono, SU, MDSc,  dr. Setyadewi Lusyati, SpA(K), PhD, dan dr. Setya Wandita, SpA(K), MKes

Pelatihan Angkatan Pertama ini diikuti oleh 19 peserta dari berbagai daerah di Indonesia dengan beragam profesi .  Para peserta antara lain berasal dari Jakarta, Jawa Timur, Jawa Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Sumatera Selatan dan Sumatera Utara.  Mereka berasal dari latar belakang profesi sebagai  dokter umum, dokter obgin, dokter anak, dosen, bidan dan perawat.

Peserta tampak antusias dengan pelatihan ini. Hal tersebut dapat terlihat dari testimoni yang diberikan pada saat penutupan maupun kesan yang disampaikan melalui lembar evaluasi. Beberapa menyatakan bahwa pelatihan ini menarik dan bagus. Tidak sedikit yang mengusulkan agar pelatihan ini menambah waktunya menjadi 3-5 hari dan dilaksanakan secara rutin serta berjenjang dari mulai basic, intermediate, dan advance. Salah seorang peserta bahkan menyampaikan secara langsung pada panitia bahwa pelatihan ini cukup inspiratif. Pelatihan ini mampu mengubah perspektifnya mengenai statistik. Jika sebelumnya statistik seperti momok yang ingin dihindari, saat ini ia menganggap statistik itu menarik dan perlu dikuasai untuk dapat digunakan dalam penelitian yang hendak dilakukan di tempatnya bertugas. “Tidak menyesal rasanya saya jauh-jauh dari Surabaya mengikuti pelatihan ini”, begitu dia menambahkan.

 

Pelatihan ini dikemas dalam bentuk pemberian kuliah, praktik dan kerja tim.  Untuk praktik peserta diminta membawa laptop dan menginstall SPSS di dalamnya. Adapun materi yang diberikan sebagai berikut.

Hari Pertama: 

Recent Issues on Perinatology Research, Types of Perinatology Research, Cohort Study, Case-Control Study,  Introduction to SPSS  dan Group Work: Data Analysis & Research Report

Hari Kedua:

Report Group Work: Presentation, Randomized Controlled Trial , Sampling Technique, Sample Size Determination,  Literature Searching, dan Research Proposal Development.

Setelah berhasil menyelenggarakan Pelatihan  Metodologi Penelitian Dasar angkatan pertama ini, Perinasia akan mengadakan pelatihan ANGKATAN II dengan penyelenggara Perinasia Cabang Daerah Istimewa Yogyakarta pada Sabtu-Minggu 4-5 April 2015.  (Haryati)