Powered by
category Liputan Kegiatan posted by Admins on Senin, 21 Mei 2012 | 10:41 WIB

Pelatihan Kesehatan Reproduksi Remaja (KRR) Angkatan ke-11 telah diselenggarakan oleh Perinasia pada tanggal 18-19 April 2012, bertempat di Auditorium RSAB Harapan Kita, Jakarta. Kegiatan ini diikuti oleh 27 peserta dari beragam profesi yang sebagian besar adalah dosen dari Akbid/Akper/Poltekkes/ Universitas dengan latar belakang keperawatan dan bidan. Ada pula dokter obgin, dokter umum, dan Sarjana Kesehatan Masyarakat. Mereka datang dari berbagai kota, yaitu Medan, Lampung, Jakarta, Bandung, Tasikmalaya, Pekalongan, Malang, Surakarta, Banjarmasin, Samarinda, Muara Kota Barabai – Kalsel, dan Palu. Tim fasilitator pada kegiatan ini adalah Dra Ieda Poernomo Sigit Sidi, Psikolog selaku Koordinator Progran KRR Perinasia, dr Agung Witjaksono, SpOG, Bd Indra Supradewi, SKM, MKM dan Sari Handayani, SKM.

foto KRR 18-19 April 2012-new.jpg

Materi yang dibahas meliputi:

  • Kesehatan Reproduksi Remaja: Persiapan Menuju Persalinan Aman dan Bayi Baru Lahir Sehat.
  • Cara Menjelaskan Anatomi Fisiologi Reproduksi.
  • Cara Membicarakan Perkembangan Reproduksi.
  •  Membahas Gaya Hidup Remaja dan Kaitannya dengan Masalah Reproduksi.
  • Mengulas Masalah Reproduksi Agar Remaja Paham Dampak Perilakunya Terhadap Kesehatan Reproduksi.
  • Mengembangkan Program KRR.
  • Refleksi Pelaksanaan Pendidikan KRR.
  • Komunikasi KRR.
  • Praktik Penyuluhan KRR
  • Praktik Bimbingan KRR
  • Praktik Konseling KRR  
  • Berbagi dari Album Pelaksanaan Program KRR.

Pada intinya, pembahasan materi KRR dalam pelatihan ini adalah berbagi pengalaman dalam hal pengembangan Program KRR dengan tujuan: 

  • Menyampaikan kondisi dan situasi masalah KRR agar peserta memahami dan termotivasi untuk melaksanakan Program KRR.
  • Memaparkan pengalaman dalam menjelaskan anatomi fisiologi reproduksi pria dan wanita, termasuk memilih materi yang sesuai dan cara menjelaskannya.
  • Membahas perilaku dalam masa perkembangan di tahapan remaja agar memahami kodisi dan situasi perubahan zaman yang berdampak pada perilaku remaja, khususnya terkait dengan masalah reproduksi, termasuk perubahan norma dan nilai budaya.
  • Menyoroti gaya hidup remaja dan kaitannya dengan masalah reproduksi dalam kaitan dengan pengembangan cara berkomunikasi dengan remaja.

Melalui Program Pelatihan KRR diharapkan upaya “Menuju persalinan aman dan bayi baru lahir sehat” sudah dimulai sejak remaja. Perinasia tidak hanya memfokuskan pada saat fungsi reproduksi (kehamilan dan kelahiran) tetapi memulainya dalam kurun waktu sebelumnya yaitu di tahapan usia remaja. Disiapkannya remaja, laki-laki dan perempuan, sebelum melaksanakan fungsi reproduksi diharapkan mendorong perilaku bertanggung jawab sehingga tidak memunculkan masalah perinatal. Setiap orangtua diharapkan memahami perlunya menjaga diri dan menyiapkan secara fisik, mental, sosial, ekonomi, spiritual. Kesiapan ini akan mewujudkan keinginan untuk menjaga kelahiran anak agar selalu diinginkan dan diterima sebagai rahmat. Kelahiran selayaknya diterima sebagai anugerah, bukan bencana. 

Pelatihan KRR disiapkan untuk peserta yang berkecimpung dalam kegiatan program KRR yaitu dokter spesialis kebidanan, dokter spesialis anak, dokter, perawat, bidan, psikolog, sarjana psikologi, sarjana kesehatan masyarakat, dosen lembaga pendidikan dalam mata kuliah kesehatan reproduksi remaja dan pihak lain yang terkait dengan KRR. Pengembangan program penyuluhan, bimbingan dan konseling KRR untuk tujuan pencegahan, penanganan masalah (medis-teknis, psikologis), pemulihan disampaikan secara praktis dalam pelatihan ini.

Pelatihan KRR selama dua hari yang memaparkan pengalaman praktis dalam melaksanakan program KRR untuk remaja berusia mulai dari sepuluh tahun dimaksudkan untuk dapat memberi bekal kepada  peserta. Sesuai maksud tersebut maka peserta pelatihan juga dibekali dengan:

·       Kumpulan Presentasi, termasuk CD  dan Bahan Bacaan:

o     Keterampilan berkomunikasi dalam melakukan penyuluhan, bimbingan, konseling

o     Kutipan Undang-Undang terkait Masalah KRR

o     Kumpulan Artikel: Kondisi dan Situasi Masalah KRR

·       Lembar balik tentang Infeksi Menular Seksual

·       Buklet KRR berjudul:

o        Siapa Aku?

o        Jatuh Cinta dan Reproduksi Sehat

o        Susu, Susu? Susu!

·         Panduan cara membuat rancangan program dan melaksanakan penyuluhan, bimbingan,                   konseling KRR 

foto produk KRR - website.JPG

Pelatihan KRR selanjutnya akan diselenggarakan pada acara PRA KONGRES NASIONAL PERINASIA DI PEKANBARU, 3-4 NOPEMBER 2012 (kunjungi website: www.perinasia2012.com). Bagi yang berminat silakan menghubungi untuk pendaftaran.

Di samping pelatihan KRR yang regular tersebut, Perinasia juga menyelenggarakan pelatihan khusus untuk pendalaman materi konseling KRR (2 hari), adapula pelatihan KRR yang formatnya menggabungkan materi regular dan konseling  (3 hari). g (SH)